Thursday, December 15, 2016

  No comments

BIOGRAFI DOLOROSA SINAGA PEMAHAT PATUNG


Dolorosa Sinaga

Dolorosa merupakan seniman patung perempuan dari Indonesia yang keberadaannya di Indonesia kurang banyak dikenal oleh banyak orang. Akan tetapi, potensinya dalam seni membuat patung telah membawa Dolorosa dikenal oleh orang di mata dunia.

SILSILAH DOLOROSA SINAGA

Dolorosa Sinaga adalah seorang seniman yang bergelut dalam seni kriya patung. Dolorosa Singa lahir di Sibolga, Sumatera Utara pada tanggal 31 Oktober 1953. Awal mulanya, Dolorosa tidak punya impian untuk menjadi seorang pematung. Alasannya karena menurutnya menjadi pematung haruslah mempunyai daya juang dan kerja keras yang tinggi. 

Akan tetapi, pemikirannya berubah ketika Dolorosa mulai mengikuti pendidikan Seni Rupa di Institut Kesenian Jakarta. Semenjak itu, Dolorosa sudah memulai mencurahkan banyak perhatian terhadap karya seni Patung. 

PENDIDIKAN DOLOROSA SINAGA

Awal mulanya Dolorosa mengenyam pendidikan seni rupa di Institut Kesenian Jakarta. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di St. Martin School of Art London, Inggris. Lalu untuk menambah lagi ilmu pengetahuannya, ia menempuh pendidikan juga di Karnarija Lubliyana, Yugoslavia dan di Piero Art Foundry Berkeley, Amerika Serikat. 


HASIL KARYA DOLOROSA SINAGA

Untuk membuat patung, Dolorosa menggunakan media Perunggu. Alasan menggunakan perunggu yaitu karena perunggu mempunyai kualitas yang dapat memberikan kesan yang memukau dan permukaannya juga mengkilat. Selain itu, di dalam perunggu terdapat karakter seorang wanita dan juga memiliki karakter laki-laki yang cenderung memiliki kekuatan dan ketahanan. 

Karya Dolorosa sudah tersebar seperti karyanya yaitu Gate of Harmony ada di Kuala lumpur, Malaysia. The Crisis di kota Hue, Vietnam dan lain-lain. 

Karya seni Patung Dolorosa
"Perempuan duduk menatap langit" oleh Dolorosa Sinaga
Karya seni Patung Dolorosa
"Di atas gunung" oleh Dolorosa Sinaga

Karya seni Patung Dolorosa
"Balinese 1" oleh Dolorosa Sinaga



Baca Artikel lainnya :

No comments :

Post a Comment