Thursday, December 15, 2016

lukisan dan biografi leonardo da vinci

  No comments

BIOGRAFI LEONARDO DA VINCI


Leonardo da Vinci
Potret diri Leonardo da Vinci

"Lukis adalah segala sesuatu yang terkandung di dalamnya, yang dasarnya alami dan tidak dapat dilihat oleh mata telanjang manusia, lalu diekspresikan dalam bentuk gambar". (Leonardo da Vinci)

SILSILAH LEONARDO DA VINCI

Lenonardo da Vinci adalah seorang pelukis yang berkebangsaan Italia. Ia lahir di Vinci, provinsi Firenze, Italia pada tanggal 15 April 1452 dan wafat pada tanggal 2 Mei 1519 di Clos Luce, Perancis. Leonardo da Vinci sangat terkenal dengan lukisannya "Mona Lisa" dan "Jamuan Terakhir".

Leonardo adalah anak dari Ser Piero da Vinci dan Cateria. Nama lengkap Leonardo da Vinci yaitu Leonardo di Ser Piero da Vinci yang memiliki arti Leonardo putra Ser Piero dari kota Vinci. Sejak ia masih kecil, ia sudah belajar melukis kepada Andrea del Verrociho di Firenze yang merupakan kota kelahirannya. 

KEMAMPUAN YANG DIMILIKI LEONARDO DA VINCI

Leonardo da Vinci sangat terkenal dimata dunia sebagai pelukis yang ulung. Akan tetapi, Leonardo da Vinci tidak hanya ahli dalam melukis. Ia memiliki keahlian lainnya yang sangat luar biasa. Beberapa kemampuannya yang lain yaitu :
  • Penemu. Leonardo da Vinci mengggambar rancangan kapal terbang dan mesin penggerak ke atas didalam sketsa yang dibuatnya. Semua yang ia buat merupakan hasil dari pengamatannya terhadap cara burung terbang. Ia menyimpulkan bahwa hubungan besar kecilnya sayap dengan berat badannya manusia. Selanjutnya ia melakukan pengamatan terhadap ikan yang berenang hingga akhirnya ia menghasilkan sketsa mengenai badan kapal. 
  • Arsitektur. Pada jaman 'Renaissance' atau yang dikenal dengan jaman keemasan pembangunan, Leonardo da Vinci  meninggalkan banyak sketsa arsitek. Dalam rancangan yang ditinggalkannya terdapat sketsa rancangan terowong air, pelebaran jalan, aliran udara dan cahaya yang sama dengan saat ini. 
  • Paduan Seni dan Ilmu. Meski Leonardo da Vinci adalah seorang ilmuan, akan tetapi pada hakikatnya ia masihlah seorang seniman. Dalam mengaplikasikan ilmunya ia selalu memberikan nilai seni agar tidak melupakan nilai estetika. 

HASIL KARYA YANG DIHASILKAN LEONARDO DA VINCI

lukisan Leonardo da Vinci
"Mona Lisa" oleh Leonardo da Vinci
lukisan Leonardo da Vinci
"Jamuan Terakhir" oleh Leonardo da Vinci
lukisan Leonardo da Vinci
"Madonna with the Yarwinder" oleh Leonardo da Vinci

Baca artikel sebelumnya 5 Seniman Terkenal di Indonesia

No comments :

Post a Comment