Friday, December 16, 2016

6 WALIKOTA TERBAIK : (4). Ir. H. Asrun M.Eng.Sc - Walikota Kendari Anti Pungli

  No comments
Pada artikel kali ini, kita mau bahas siapa nih sosok yang menempati posisi ke-empat sebagai walikota terbaik di Indonesia?

Oiya, bagi yang belum tahu posisi-posisi sebelumnya bisa cek dulu ya disini.
- Walikota Terbaik ke-1
- Walikota Terbaik ke-2
- Walikota Terbaik ke-3

(4). Ir. H. Asrun M.Eng.Sc -Walikota Kendari Anti Pungli

Walikota Kendari
 Ir. H. Asrun M.Eng.Sc - Walikota Kendari
Sumber : goo.gl/eoc9cu
Walikota Kendari Anti Pungli ini lahir di 26 April 1961 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Beliau menjabat  Walikota Kendari selama dua periode di tahun 2007-2012 dan 2012-2017 dengan pasangan politik yang sama, Musadar Mappasomba. Baca cuplikan di bawah ini buat yang ingin kenal lebih dekat dengan Walikota Kendari ini.

    ·         Latar Belakang

Sebagai Walikota Kendari Anti Pungli, Ir. H. Asrun M.Eng.Sc mampu mengayomi masyarakat Kendari, begitu juga sebagai seorang suami dari Dra. Hj. Sri Yastin, beliau juga mampu menyayangi dan mampu membagi waktu dengan keluarganya, khususnya dengan anak-anaknya, Asrizal Pratama Putra dan Adriatma Dwi Putra.

·         Pendidikan

Dari jaman Asrun kecil, ia selalu mendapat peringkat atas, dan dikenal dengan orang berprestasi. Hingga ia menginjak bangku perkuliahan, Walikota Kendari Anti Pungli ini memperoleh peluang untuk masuk di Fakultas Kedokteran atau Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar tanpa melalui jalur tes. Karena terinspirasi dengan title sang Proklamator, Ir. Soekarno, Asrun memutuskan untuk memilih Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil di universitas tersebut dan berhasil lulus di tahun 1980.
Awalnya, Walikota Kendari Anti Pungli yang hobi olahraga ini bekerja sebagai pegawai harian di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sulawesi Tenggara. Dan sempat juga beliau bekerja menjadi PNS pada tahun 1987an. Namun semakin kedepan, Asrun berpikir bahwa kompetisi untuk meraih karir yang diinginkannya haruslah diimbangi dengan kemampuan yang lebih juga. Sehingga, Walikota Kendari Anti Pungli ini memutuskan untuk melanjutkan pasca sarjana. Dan lebih menariknya lagi, putra Kendari ini berhasil mendapatkan program beasiswa S2 dari Dinas PU di Teknik Struktur spesialis bidang “Long span Bridge” UNSW Sydney Australia dan lulus tahun 1985.
Walikota Kendari
Ir. H. Asrun M.Eng.Sc - Walikota Kendari
                Sumber : goo.gl/z7BaBR

·         Karir Politik

-          Pimpinan Proyek Pemiliharan Jalan dan Jembatan
-          Kepala Seksi Perencanaan Teknik Jalan dan Jembatan DPU Sulawesi Tenggara
-          Kepala Subdinas Bina Marga DPU Sulawesi Tenggara
-          Kepala Subdinass Pengembangan Industri Dinas Perindag Sulawesi Tenggara
-          Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Tata Kota dan Bangunan Kota Kendari
-          Kepala Dinas Tata Kota dan Bangunan Kota Kendari
-          Walikota Kendari

"Pungli itu tindakan tidak terpuji dan berbahaya. Kalau terkena OOT tidak ada ampunan lagi " - Ir. H. Asrun M.Eng.Sc

               Dalam karirnya sebagai Walikota Kendari, Asrun selalu menegaskan dan mengeluarkan peringatan keras kepada para pamong daerah yang lagsung berhubungan dengan pelayanan masyarakat agar tidak sekali-kali melakukan pungutan liar (pungli).


Nah, ingin tahu kan siapa-siapa lagi yang menempati posisi sebagai walikota terbaik lainnya? Tunggu kisahnya disini. Terima kasih.



Artikel Terkait : 

No comments :

Post a Comment