Monday, November 28, 2016

6 WALIKOTA TERBAIK : (1) Tri Rismaharini - WAGIMAN (Walikota Gila Taman)

  No comments
Pada tanggal 22 Januari 2016, Jawa Pos Group telah menunjuk dan memilih nama-nama bupati serta walikota yang ada di Indonesia sebagai pemimpin yang terbaik dan patut menjadi teladan bagi pemimpin lainnya dalam acara Jawa Pos Group Award 2016. Siapa sosok terbaik tersebut? Pantau terus disini ya..

Penasaran kan? Siapa sih sosok pertama yang menduduki sebagai walikota terbaik tahun 2016? Ini dia jawabannya…

   1.  Tri Rismaharini – WAGIMAN (Walikota Gila Taman)

Tri Rismaharini - Walikota Gila Taman
Tri Rismaharini
Sumber : goo.gl/dOUP6L

                Dulu saat masih kecil, ketika menginginkan sesuatu ia selalu memperolehnya dengan kegigihan dan kerja kerasnya. Lalu saat namanya tercantum dalam calon walikota Surabaya periode 2010-2015, ia malah meminta doa dari masyarakat dan berdoa agar ia tidak terpilih menjadi walikota Surabaya,  namun dalam kenyataannya ia menduduki kursi walikota Surabaya hingga saat ini. Beliaulah sosok yang akrab disapa bu Risma ini bernama Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. Beliau adalah walikota wanita pertama yang terpilih untuk menjabat di Surabaya. Beliau dipercaya menjabat sebagai walikota Surabaya selama 2 periode, periode pertama yaitu pada 28 September 2010 hingga 28 September 2015 dan periode kedua yaitu hingga sekarang. Sebelum menjadi walikota gila taman, beliau juga didaulat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Dari situlah awal mula Tri Rismaharini gencar menjadi walikota gila taman.

"Tidak usah berfikir asal dan siapa orang tua kalian, kalian layak berhasil karena TUHAN adil" - Tri Rismaharini

· Latar Belakang

Walikota gila taman ini lahir pada 20 November 1961 di Kediri. Anak dari seorang ayah yang bernama Meter Chuzuzaini dan ibu Siti Muajiatun telah didik untuk suka menolong orang lain, mandiri, dan disiplin. Sang ibu yang hanya seorang ibu rumah tangga mengelola panti asuhan di dekat rumahnya. Dan ayahnya adalah seorang PNS di kantor pajak.

· Pendidikan

Tri Rismaharini yang akrab dijuluki walikota gila taman ini pada tahun 1973 lulus dari SD Negeri Kediri. Kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 10 Surabaya dan pada tahun 1980, ia lulus dari SMUNegeri 5 Surabaya.Beliau juga menempuh bangku perkuliahan pada jurusan Arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dan lulus tahun 1987. Lalu melanjutkan pendidikan pascasarjana pada Manajemen Pembangunan Kota di perguruan tinggi yang sama dan lulus tahun 2002. Ia memilih mengambil manajemen pembangunan kota karena dalm hal itu ada kombinasi tentang sosial, fisik, dan perlu adanya pendekatan yang komprehensif.

· Keluarga

               Walaupun sebagian waktunya lebih banyak dihabiskan dalam pengabdiannya sebagai walikota Surabaya, walikota gila taman ini tetap memberikan kasih sayangnya kepada keluarga. Istri dari Ir. Djoko Saptoadji ini tak hanya tangguh dan disiplin dalam pemerintahan saja, namun beliau juga menjadi istri dan ibu yang baik dan bijaksana bagi kedua anaknya, Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji. Dengan dukungan dari keluarga kecilnya, walikota gila taman ini sangat bersemangat dalam menjalankan jabatannya sebagai walikota Surabaya.
Keluarga Tri Rismaharini

· Karir

§  Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Bappeko Surabaya pada tahun 1997-2000
§  Kepala Seksi Pendataan dan Penyuluhan Disbang pada tahun 2001
§  Kepala Cabang Dinas Pertamanan pada tahun 2001
§  Kepala Bagian Bina Bangunan pada tahun 2002
§  Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan pada tahun 2005
§  Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan pada tahun 2010
§  Wali Kota Surabaya pada tahun 2010-2015
Tri Rismaharini
Tri Rismaharini
Sumber : goo.gl/qoDZK1
Ingin tahu siapa-siapa aja sih sosok yang menduduki sebagai walikota terbaik di Indonesia? Klik disini.
Masih banyak artikel menarik lainnya, disini.

Artikel Terkait : 

No comments :

Post a Comment