Monday, December 12, 2016

Biografi Tompi , Dokter Bedah Sekaligus Musisi Jazz Berbakat

  2 comments
Biografi Tompi , Dokter Bedah Sekaligus Musisi Jazz Berbakat
Tompi
Teuku Adifitrian atau lebih dikenal sebagai Tompi lahir di Lhokseumawe, Aceh pada 22 September 1978 , merupakan musisi jazz yang namanya sudah tidak asing lagi bagi penikmat music jazz Indonesia. Tompi menghabiskan masa kecilnya di Aceh lalu datang ke Jakarta pertama kali pada tahun 1997 untuk melanjutkan studinya di Universitas Indonesia fakultas Kedokteran. Walaupun tompi sangat dikenal sebagai penyanyi namun ia telah menyandang gelar dokter umum dan spesialis di bidang Bedah Plastik.

Biografi Tompi , Dokter Bedah Sekaligus Musisi Jazz Berbakat
Tompi juga berprofesi sebagai Dokter Bedah
Perjalanan karir tompi sebagai musisi bemula dari kegiatan kampus yang selalu diikutinya disela-sela kuliah, Tompi mulai memberanikan diri untuk tampil bernyanyi. Dari sinilah olah vokalnya terus berkembang dan terbentuk melalui pertemuannya dengan beberapa nama besar di bidang seni musik dan tarik suara seperti Bertha dan Tjut Deviana. Tompi terus mendalami bakat dan hobi bernyanyi melalui berbagai sanggar tari di Aceh, dimana ia dapat mempelajari tari sambil bernyanyi dan bermain alat music gendang. Selain bernyanyi, Tompi juga mengembangkan dirinya untuk bisa mencipta lagunya sendiri. Ia mulai menciptakan beberapa lagunya sendiri di sela-sela waktu senggangnya. Tompi mendapatkan inspirasi lagu dari suasana sekitar ataupun pengalaman pribadi dari orang orang terdekatnya.

Walaupun dikenal masyarakat sebagai penyanyi jazz professional. Tompi juga tidak meninggalkan profesinya sebagai dokter begitu saja, setelah  lulus dari  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tompi kemudian menempuh spesialisasi di bidang bedah plastik. Tompi juga  sempat bekerja sebagai dokter umum di IGD Rumah Sakit Koja, Tanjung Priok, lalu beralih menjadi dokter okupasi di PT National Panasonic, dan terakhir di US Embassy dan kemudian mendirikan sebuah klinik  spesial untuk bedah estetik, pelayanan gigi dan kulit yang  diberikan nama yang sedikit unik yaitu Beyoutiful Clinic, di daerah Jakarta Selatan.

Biografi Tompi , Dokter Bedah Sekaligus Musisi Jazz Berbakat
Konser Tompi bersama Musisi papan atas Indonesia

Setelah malang melintang tampil bernyanyi dari satu acara ke acara lain, Tompi mendapat tawaran untuk menjadi house band di The Bar, Four Season Hotel. perjalanan karirnya sebagai penyanyi profesional telah membawanya ke berbagai pengalaman, termasuk menjadi vokalis grup band Cherokee yang memberinya kesempatan untuk tampil di Singapore. Pada penampilan di Singapore , Tompi dijuluki sebagai SuperVocalist atau SuperSound oleh publik yang menonton konsernya.Tak sampai di situ, Pengalaman Tompi lainnya yaitu berkesempatan bergabung dengan Bali Lounge sebagai vokalis , band tersebut memiliki warna musik yang cenderung etnis modern. dari pengalaman itulah kemampuan vokal tompi pun terus terasah. Sehingga kini tompi memiliki warna suara yang menjadi ciri khasnya.


Biografi Tompi , Dokter Bedah Sekaligus Musisi Jazz Berbakat
Trio Lestari (Sandy Sandoro , Glen Fledly , Tompi)

Kesuksesan tersebut lantas membuat Tompi akhirnya memutuskan mengeluarkan sebuah solo.  yang direlease pada Juli 2005 berjudul album “T” yang berisi kumpulan lagu ciptaannya sendiri.  album ini menyiratkab berbagai pesan cinta yang sangat indah yang disajikan dalam berbagai mood, baik itu suka, duka, ceria maupun sedih dengan genre pop jazz. Dengan dirilisnya album  'T', Tompi berharap karyanya dapat diterima oleh pecinta musik Indonesia. Harapannya tak meleset, albumnya mendapat sambutan dari masyarakat dan berhasil mencetak hits "Selalu Denganmu". 


Karirnya terus berjalan dengan mulus meskipun tompi memiliki dua profesi yang harus diemban, tapi tompi tidak sedikit mengeluh dan menjalaninya dengan professional. Saat ini pun tompi tengah di sibuknya dengan grup barunya yaitu Trio Lestari yang berisi musisi papan seperti Glenn fredly dan Sandy Sandhoro. Meski disibukkan dengan jadwal prakteknya sebagai seorang dokter namun Tompi tetap produktif berkarya menghasilkan lagu-lagu jazz terbaik

ALBUM :

  • 2010 Tak Pernah Setengah Hati
  • 2009 Paris Jakarta Express
  • 2008 My Happy Life
  • 2007 Playful
  • 2006 Soulful Ramadhan
  • 2005 T
  • 2004 Cherokee
  • 2004 Bali Lounge



PENGHARGAAN :
  • AMI Awards 2008 Bidang Karya Produksi R&B Terbaik untuk lagu Salahkah
  • AMI Awards 2009 “KARYA PRODUKSI R&B TERBAIK”, untuk lagu “SEDARI DULU”


Menginspirasi bukan? Simak dan nantikan terus kisah-kisah inspiratif lainnya yaa. klik disini



2 comments :

  1. Mantap. Oiya ngomongin dokter, ada hal penting loh yang kadang kala kerap dikesampingkan oleh seorang dokter. Karena jadwalnya yang begitu padat, dokter sering banget mengabaikan yang namanya investasi. Padahal, ada loh investasi yang mudah dan menguntungkan bagi mereka yang berprofesi itu. Yuk cek di sini: Investasi tepat bagi dokter

    ReplyDelete