Saturday, December 3, 2016

Biografi Hanung Bramantyo-1 : Sutradara Idealis dan Kontroversial

  No comments
Hanung Bramantyo adalah salah satu sutradara yang memiliki nama besar di Indonesia. Pria kelahiran Yogyakarta, 1 Oktober 1975 ini dikenal sebagai sutradara idealis dan kontroversial dengan karya-karya hebatnya. Sutradara idealis dan kontroversial ini memulai karirnya di tahun 1996 dengan magang pada produksi Teguh Karya (almarhum). Disini beliau mengutarakan niatnya untuk menjadi sutradara. Setelah selesai produksi dan bingung tidak tahu harus bagaimana, akhirnya disarankan untuk kuliah di Institut Kesenian Jakarta.

sutradara, idealis, kontroversial, perempuan berkalung sorban, zaskia adya mecca, brownies,gelas-gelas berdenting, film, tlutur
Hanung Bramantyo
sumber : https://goo.gl/Oi02QL

Di Institus Kesenian Jakarta tepatnya jurusan sinematografi, sutradara idealis dan kontroversial ini merasa menemukan tempat untuk berjuang dengan percaya diri untuk meraih mimpinya. Terbukti sebelum lulus,  sutradara idealis dan kontroversial ini mendapatkan penghargaan untuk kategori film pendek alternatif oleh Dewan Kesenian Jakarta 1998/1999 dengan karya Tlutur. Kemudian dilanjutkan dengan karya Gelas-Gelas Berdenting yang berhasil meraih penghargaan dari Cairo International Film Festival. Dari penghargaan tersebut, banyak pekerjaan yang kemudian dilakukan dan menjadi langkah awal memasuki dunia industri  sutradara idealis dan kontroversial ini. Selain itu, ftv Gelas-Gelas Berdenting juga ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta yang terkenal  yang membuat sutradara idealis dan kontroversial ini mulai menggarap sinetron sampai lupa akan kuliah yang sedang dijalaninya. Dalam kurun waktu 4 sampai 5 tahun sampai akhirnya sutradara idealis dan kontroversial ini dapat meyelesaikan kuliah D3 sinematografi tersebut.

sutradara, idealis, kontroversial, perempuan berkalung sorban, zaskia adya mecca,brownies, gelas-gelas berdenting, film, tlutur,
Hanung dan Zaskia Adya Mecca
Pada tahun 2005 sutradara idealis dan kontroversial ini berhasil meraih penghargaan pertamanya sebagai sutradara film layar lebar. Film berjudul Brownies mengantarnya meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia. Bagi sutradara idealis dan kontroversial ini sang istri, Zaskia Adya Mecca sangat mendukung dan membantu dalam karirnya. Tidak heran, disetiap karyanya selalu memunculkan sosok perempuan yang berjiwa kuat. Contohnya film Perempuan Berkalung Sorban, yang bercerita tentang hak perempuan, hak berpendapat dan hak untuk memilih pria yang dicintai.

Trailer Perempuan Berkalung Sorban

Penghargaan itu dikurung saja, bukan dipuja-puja. Karena penghargaan itu membuat kita berhenti, merasa stuck, merasa puas. Jadi penghargaan itu berbahaya skali buat orang seperti saya.

Tidak kurang dari 30 film telah digarap sutradara idealis dan kontroversial ini. Banyak penghargaan pula yang terus membajirinya.  Sutradara idealis dan kontroversial ini memiliki cara yang unik untuk menyimpan berbagai penghargaan yang telah diraihnya. Beliau tidak memajangnya pada etalase atau menaruhnya pada meja seperti orang pada umumnya. sutradara idealis dan kontroversial ini malah memasukkannya kedalam kandang yang digantung. “Penghargaan itu dikurung saja, bukan dipuja-puja. Karena penghargaan itu membuat kita berhenti, merasa stuck, merasa puas. Jadi penghargaan itu berbahaya skali buat orang seperti saya.” tutur sutradara  sutradara idealis dan kontroversial yang bernama asli setiawan Hanung Bramantyo.   

Bersambung...


Referensi :
Hanung Bramantyo : https://id.wikipedia.org/wiki/Hanung_Bramantyo
Satu Indonesia - Hanung Bramantyo : https://www.youtube.com/watch?v=QwVk_M-NL7Q

Nantikan kisah selanjutnya : Biografi Hanung Bramantyo-2 : Sutradara Idealis dan Kontroversial

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca:) silahkan beri kritik atau saran melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa dishare!

No comments :

Post a Comment