Thursday, December 8, 2016

Biografi Alan Turing - Bapak Penemu Komputer

  2 comments

Biografi Alan Turing - Bapak Penemu Komputer

Jika anda ditanya “Siapakah penemu telepon?” “Siapakah penemu lampu pijar?” Pasti anda akan langsung menjawabnya. Mereka adalah  Alexander Graham Bell, dan Thomas Alva Edison. Karena mereka tidak asing di telinga kita. Bahkan ketika kita sekolah dasar pun kita diberikan pengetahuan tersebut. Namun siapa sangka, jika anda ditanya mengenai “Siapakah penemu Komputer?” Mungkin sebagian besar orang tidak mengetahuinya. Oleh karena itu disini saya akan membahas mengenai seserang yang biasa disebut dengan “BAPAK KOMPUTER”. Beliau adalah Alan Turing.

Biografi Alan Turing
Alan Turing

1. Alan Turing seorang yang Jenius

Alan Turing memiliki nama lengkap Alan Mathison Turing yang lahir pada tanggal 23 Juni 1912. Ia adalah seorang pria Inggris yang sangat jenius dan ahli di bidang matematika, logikawan, cryptanalyst, dan ahli komputer. Alan Turing pun merupakan mahasiswa terbaik di bidang Matematika tahun 1935 di Universitas Cambridge, King’s College. Alan pun dipandang sebelah mata karena hobinya di bidang matematika. Karena di Universitas Cambridge, King’s College ini lebih menitikberatkan kepada ajaran klasik. Pada saat Alan berumur 16 tahun, ia mencoba teori Albert Einstein. Mengejutkannya, ia berhasil menjabarkan teori tersebut secara mendetail dalam bentuk tulisan.

2. Alan Bergelut dengan Sandi Nazi

Pada saat pecah perang dunia II ia mengambil pekerjaan penuh waktu di kantor pusatnya, Bletchley Park. Alan memerankan peran penting dalam menguraikan atau memecahkan sandi NAZI yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman yang menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu. Sandi ini luar biasa rumitnya, sampai ahli Sandi Asa Briggs berkata bahwa hanya orang jenius yang bias melakukannya. Sampai akhirnya ia bisa menciptakan mesin elektromagnetik pemecah sandi atau biasa disebut dengan Mesin Turing yang lebih cepat dan efisien. Sampai akhirnya ia bersama tim yang akhirnya berhasil menerjemahkan pesan Jerman saat masih dikuasai oleh Nazi dan pasukan Sekutu akhirnya berhasil mengalahkan Adolf Hitler.Turing berjasa besar karena peperangan Inggris dengan Jerman yang berhasil dimenangkan oleh Inggris.

3. Karir Alan Turing Setelah Perang Dunia ke II

Sebelumnya tahun 1945-1947 Alan menciptakan ACE (Automatic Cimputing Engine) yang merupakan computer pertama dimana programnya sudah tersimpan di dalamnya. Tidak puas dengan ACE, Alan sangat ingin menciptakan AI (mesin pintar). Tahun 1950 Alan mengadakan tes Turing. Tes Turing ini hingga kini masih bisa ditemui di internet. Tahun 1949, Alan pindah ke Manchester University, disana ia memimpin sebagai kepala laboratorium komptasi dan mengembangkan sebuah mesin yang membantu untuk membentuk dasar-dasar pada bidang kecerdasan buatan. Pada tahun 1951 dia dipilih sebagai salah satu anggota dari Royal Society.

4. Alan Dituduh Sebagai Pedofil


Saat itu setelah perang dunia ke II di Inggris sodomi atau hubungan homoseksual merupakan tindak kriminal, yang hukumannya diturunkan dari UU Anti Sodomi yang diciptakan Raja Henry VIII. Saat itu Alan Turing dituduh sebagai pedofil gay yang membunuh seorang murid laki-laki. Namun Alan sebenarnya bukan lah seorang pedofil karena ia menyukai pria yang bernama Arnold Muray. Hubungan mereka pun sangat erat. Hinggan Arnold pun pernah menginap di rumah Alan. Namun, ternyata Arnold adalah seorang kriminal. Arnold mengaak temannya merampok rumah Alan. Kemudian polisi yang menangani kasus permpokan mencari tau mengapa Arnold bisa tau mengenai seluk beluk rumah alan. Polisi pun menemukan fakta bahwa Alan dan Arnold berhomoseks. Alan pun ditangkap polisi atas tuduhan pelanggaran Pasal 11 dari Criminal Law Amendment Act 1885. Untuk menghindari penjara, ia menerima suntikan estrogen selama setahun, yang dimaksudkan untuk menetralkan libidonya Hidup Alan pun berantakan. Alan dipecat dari perusahaannya. 

5. Kematian Alan Turing
Sampai akhirnya Alan ditemukan bunuh diri setelah memakan Apel yang mengandung racun. Ia meningeal pada tanggal 8 Juni 1954 dan jasadnya diremasi tanggal 12 Juni 1954. Turing meninggal pada 8 Juni 1954 setelah meninggalkan berbagai penemuan yang sangat berjasa seperti Halting Problem, Turing Machine, Cryptanaysis of the Enigma, dan Automatic Computing Engine ( ACE ).

6. Alan Turing dimaafkan Ratu Inggris


Desember 2011, William Jones membuat e-petisi yang menuntut pemerintah Inggris secara resmi mencabut tuduhan kriminal "asusila" (sodomi) pada almarhum Alan Turing. "Dr. Turing layak untuk dikenang dan diakui atas kontribusi yang fantastis untuk perjuangan saat perang dan warisannya untuk ilmu pengetahuan, Pengampunan dari Ratu merupakan penghargaan yang tepat untuk seorang pria yang luar biasa" kata Menteri Kehakiman Inggris Chris Grayling dalam sebuah pernyataan Selasa (24\/12) waktu setempat. Alan putus asa dan dipaksa mati oleh negara yang dia selamatkan. Perlakuan Inggris sungguh memalukan dan meninggalkan borok dalam sejarah Inggris. Jika permintaan maaf diberikan, kerusakan itu akan berkurang. Permintaan maaf ini bukan hanya untuk Alan Turing, tapi untuk seluruh pria gay Inggris yang pernah disiksa dengan undang-undang homofobia itu."

7. Biografi Alan Turing dijadikan Film dengan judul "The Imitation Game"

Film ini dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Turing dan Keira Knightley diharapkan untuk memerankan seorang perempuan dengan latar belakang yang sangat konservatif yang menjalin persahabatan seumur hidup yang rumit dengan Turing.

           

Baca juga Artikel :

“Jika anda ingin bertanya mengenai artikel dan memberikan saran serta kritik. Silahkan tulis pada kolom KOMENTAR dibawah. Kritik dan saran anda sangat berarti bagi penulis“

Referensi : 

2 comments :

  1. 😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini, untuk di arahk
    .
    Kaos Dakwah Wanita
    Testimoni di Instagram: #gootickapparel
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    ReplyDelete